Laman

VISIT OUR STORE | KUNJUNGI TOKO KAMI

Saturday, February 9, 2013

Motherboard Terkecil (Motherboard Mini)



Mungkin Menurut Anda,
Motherboard adalah board yang ukurannya terbilang besar, Namun ternyata Pengertian tersebut bisa dbilang salah. karena sekarang ini, sudah ada Motherboard dengan ukuran yang minimalis A.K.A Mini. Berikut ini ada 3 Motherboard dengan ukuran minimalis.


1. Beagle Board 

Beagle Board dengan biaya-rendah, kipas single-board (Ukuran Board: 3 “x 3″) komputer yang berdasarkan keluarga perangkat OMAP3 TIS yang diproduksi oleh Texas Instruments di asosiasi dengan Digi-Key, dirancang dengan ide yang cemerlang untuk perkembangan open source, untuk menunjukkan OMAP3530 Texas Instrumen system-on-a-chip, dengan semua upgrade mesin desktop, tapi tanpa massal, biaya, atau suara (dari beagleboard.org). Ini menggunakan prosesor TI OMAP3530 (ARM Cortex-A8 Core ~ 600MHz + TMS320C64x + DSP ~ 430MHz). Lihat OMAP3530 fitur untuk fitur prosesor yang lebih. Target harga adalah US-$ ~ 150, -.
Tujuan desain adalah untuk membuat sesederhana dan semurah mungkin, misalnya tidak memiliki LCD yang ditambahkan, tetapi Anda dapat menghubungkan semua add-on hardware yang tersedia sebagai komponen eksternal yang murah.

2. Pico-ITX

VIA Technologies, Inc, telah menunjukkan banyak upaya untuk mengurangi ukuran motherboard nya. Menurut sejarah, mereka mulai dari mini-ITX dari factor (17cmx17cm), kemudian Nano (12cmx12cm) dan sekarang mereka telah mencapai Pico-ITX. Suatu bentuk Pico-ITX mainboard faktor, VIA VT6047, seperti yang ditunjukkan dalam gambar di bawah (sedikit lebih besar dari ukuran kartu bermain), yang terbaru, sebesar telapak tangan dan merupakan yang terkecil di dunia saat ini.

Mainboard Pico-ITX ukurannya hanya 10cm x 7.2cm, 75% lebih kecil dibandingkan Mini-ITX. Anehnya, dengan ukuran kecil, tidak ada pengurangan dari setiap komponen di motherboard ini. segalanya yang dibutuhkan untuk PC Anda ada di Motherboard.
Bergerak memproduksi motherboard dengan ukuran lebih kecil pasti petunjuk bahwa permintaan terhadap faktor bentuk yang lebih kecil dari PC yang semakin banyak. keberhasilan VIA dari miniaturisasi tergantung banyak keahlian di tingkat silikon seperti penanganan efisiensi daya, manajemen dan integrasi fitur termal.
VIA VT6047 Pico-ITX mainboard dirancang untuk menjadi didukung oleh salah satu VIA platform energi efisien prosesor, seperti VIA C7 atau tanpa kipas prosesor VIA Eden dalam paket 21mm x 21mm nanoBGA2, digabungkan dengan media yang kaya fitur VIA sistem prosesor untuk mengaktifkan papan untuk pak pukulan kinerja panas yang kecil atau rendah, paket daya yang rendah.

3. Gumstix

gumstix_overoearth
Gumstix memang edun. Mereka berkomitmen untuk membuat board sekecil mungkin, dengan kemampuan prosesing yang yahud. Desainer dan layouter mereka memang handal. Lihat saja bagaimana mereka membuat motherboard berukuran 17mm x 58mm x 4.2mm (0.67 in. x 2.28 in. 0.16 in.) menggunakan SoC Texas Instruments OMAP 3503 yang menggabungkan DSP prosesor dengan prosesor ARM Cortex-A8.Produk tersebut direlease tanggal 28 Oktober 2008 lalu dengan nama motherboard Overo Earth mini.

Harga yang ditawarkan adalah US$149, dengan spesifikasi sebagai berikut:
  1. Processor: OMAP 3503 Application Processor with ARM Cortex-A8 CPU
  2. Clock(MHz): 600 MHz
  3. Performance: Up to 1200 Dhrystone MIPS
  4. Memory: 256MB RAM, 256MB Flash
  5. Features:
    • Plug compatible with future OMAP 35x-based Overo motherboards
    • on-board microSD card slot
    • I2C, PWM lines (6), A/D (6), 1-wire, UART, SPI, Camera in, Extra MMC lines
    • Headset, Microphone, backup battery,
    • USB OTG signals, USB HS Host
  6. Connections: 70-pin AVX connectors, 27-pin flex ribbon connector
  7. Size: 17mm x 58mm x 4.2mm (0.67 in. x 2.28 in. 0.16 in.)
  8. Expansion: Expansion boards for Overo motherboards. 

gumstix_overoearth_summit
Expansion board untuk motherboard ini (gumstix_overoearth_summit-sm) juga tersedia dengan harga US$60, yang menyediakan interface USB host mini-A, DVI-D (HDMI), audio in/out, sebuah USB serial console, dan multiple signal dengan logic 1.8V yang tersedia di breadboard thruhole 100mil. Kalau dilihat, gumstix adalah perusahaan fabless, artinya hanya design dan layouting saja yang dilakukan, sedangkan pekerjaan pembuatan pcb dan assembly tidak dilakukan sendiri namun dioutsource.


Terima Kasih kepada,

MyFreeCopyright.com Registered & Protectedcopyright how to get
Protected by Copyscape Plagiarism Detection

Komentar :

ada 0 comments ke “Motherboard Terkecil (Motherboard Mini)”

Post a Comment

 

© 2011. Powered by DP Corp.

Frost Antivirus

Selamat datang di Website Frost Antivirus, semoga Antivirus ini dapat Membantu Munghilangkan Virus Di Komputer anda. Terima kasih Telah Mendownload Frost Antivirus ,apabila berkenan silahkan memberi donasi, berkomentar, follow blog saya, dan like fans page Frost Antivirus, mari kita Memajukan indonesia dengan terus berkarya dan menciptakan...

Sekilas tentang penulis

Perkenalkan, nama saya David Layardi, saya Adalah Programer Desktop and Web dan Sekaligus juga Penemu Frost Antivirus.

Hello